Troubleshooting memori

  1.  

 

 

 

 

 

 

Gagal RAM tidak jarang dan sebagian besar pemilik PC telah mengalami masalah memori pada tahap tertentu. Gejala dapat mencakup acak restart sistem, tiba-tiba membeku dan bahkan ditakuti Blue Screen Of Death (BSOD).

Jika Anda memiliki masalah seperti itu, maka Anda benar mencurigai RAM yang rusak tetapi mungkin tidak menjadi kesimpulan pergi penuh. Jika Anda baru saja upgrade RAM Anda hanya maka ini adalah yang paling mungkin menjadi sumber masalah Anda. Namun, diagnosis adalah sedikit lebih rumit di mana satu atau lebih komponen sistem telah diinstal pada saat yang sama, seperti sistem upgrade penuh yang dalam banyak kasus tidak dapat dihindari. Skenario lebih buruk adalah ketika Anda menghadapi masalah yang sama ketika Anda telah mengubah apa-apa.

Jika PC Anda mengalami masalah seperti, maka Anda benar mencurigai RAM yang rusak tetapi mungkin tidak menjadi kesimpulan pergi penuh. Jadi di sini adalah prosedur sederhana bagi Anda untuk memverifikasi apakah RAM Anda berfungsi dengan benar dan memang rusak.

v  periksa Kompatibilitas

Saat ini, secara teknis tidak mungkin untuk menginstal salah jenis RAM ke motherboard Anda. Misalnya, tombol orientasi sengaja melarang Anda menginstal DDR2 ke DDR3 dan motherboard DDR2 ke motherboard DDR dll Namun, jika RAM cocok itu tidak ‘berarti itu kompatibel dan beberapa motherboard agak rewel tentang beberapa merek RAM. Meskipun hal ini tidak mungkin, periksa manual motherboard atau website untuk rekomendasi.

Kebanyakan motherboard memiliki daftar RAM direkomendasikan atau QVL (Daftar Vender Berkualitas). Ini adalah untuk mengatakan, bahwa RAM mereka daftar telah diuji dan disetujui untuk motherboard Anda. Pastikan RAM yang Anda gunakan akan berjalan pada kecepatan bus yang efektif dari sistem anda. Ingatlah bahwa beberapa motherboard yang lebih tua membutuhkan modul RAM terbesar untuk diinstal bank yang terendah. Orang lain mungkin meminta bank tertentu (lihat ganda / tiga channel memory bawah) atau semua bank untuk diisi. Ini perlu memeriksa hal ini.

 

 

 

Generasi yang berbeda dari RAM menunjukkan penyimpangan sedikit dengan tombol orientasi.

v  Lihat Kontak

Periksa RAM benar duduk dan membuat kontak yang baik. Bahkan pada sistem terganggu, RAM dapat menjadi copot jika PC telah dipindahkan. Pastikan kontak bersih. Mencoba sedikit alkohol didenaturasi dan serat kapas bebas untuk membersihkan kontak dan menunggu sampai kering.Pastikan slot bebas dari debu. Gunakan kuas yang tidak terpakai sangat lembut untuk mendapatkan jauh ke dalam slot untuk menghilangkan kotoran terperangkap, dan kemudian vakum menggunakan lampiran plastik. Anda juga dapat menggunakan kompresi udara.

v  Memtest86 +

Jalankan Memtest86 + untuk menentukan apakah masalah Anda RAM terkait, bukan PSU, Hardisk dll. Memtest86 + adalah utilitas gratis yang luar biasa yang melakukan serangkaian tes untuk memeriksa stabilitas memori. Jika ada masalah dengan RAM atau menangani RAM, maka Memtest86 + akan memberitahu Anda.

Namun, perhatikan aku memilih kata-kata “RAM terkait” agak rusak. Jika Memtest86 + laporan kesalahan atau kesalahan maka hal ini tidak selalu berarti RAM rusak, itu hanya berarti bahwa sistem tidak dapat menggunakan RAM untuk beberapa alasan. Mungkin setting BIOS yang benar sehingga mereka bisa beroperasi pada kecepatan yang salah (lihat pengaturan cek di atas). Ini bisa menjadi rusak kontroler memori atau bus sistem.

Memtest86 + juga tidak bisa membedakan mana modul atau saluran rusak jika itu terjadi. Dalam rangka untuk menemukan jika RAM sebenarnya rusak dan memang yang modul, Anda harus melakukan beberapa tes diagnostik lebih lanjut (Lihat “Satu per satu Harap” di bawah).

Jalankan Memtest86 + hanya ketika Anda telah kehabisan semua kemungkinan dasar lainnya seperti yang disebutkan sebelumnya. Ini akan membuktikan agak kontra produktif menjalankan Memtest86 + selama 2 jam ketika semua yang Anda perlu lakukan adalah re-kursi RAM misalnya.

Memtest86 + berjalan langsung dari CD bootable hidup atau DVD, sehingga Windows tidak diperlukan. Cukup download dan ikuti petunjuk tentang cara membuat dan menggunakan utilitas. Tinggalkan Memtest86 + berjalan selama beberapa jam tapi mengawasi lima menit pertama atau sehingga setiap kesalahan yang mungkin ditampilkan kemudian. Setiap kesalahan akan ditampilkan dalam warna merah seperti gambar dibawah ini.

 

 

Memtest86 + sangat bagus untuk mendeteksi masalah terkait RAM tetapi tidak berarti RAM anda rusak

v  Kosongkan CMOS

Dalam kebanyakan kasus, itu ide yang baik untuk membersihkan CMOS ketika mendiagnosis semua masalah stabilitas. Ini berarti setiap overclocking Anda mungkin telah diterapkan akan dibuang. Pastikan Anda telah membuat catatan dari perubahan yang Anda buat sehingga Anda dapat mendaftar ulang mereka nanti bila Anda telah memperbaiki masalah. Pada pengaturan pabrik, pengaturan memori Anda akan kembali ke AUTO dan kadang-kadang dapat memperbaiki masalah terkait RAM jadi menjalankan tes cepat setelah itu untuk memastikan.

v  Periksa pengaturan RAM

Verifikasi RAM Anda berjalan pada pengaturan yang benar. Jika Anda beruntung bahwa Anda dapat mengakses Windows, maka CPU-Z adalah utilitas yang baik untuk mengidentifikasi pengaturan saat ini. Jika Anda tidak dapat masuk ke Windows maka Anda akan harus mendapatkan pengaturan memori di BIOS.

Periksa pengaturan ini terhadap terhadap rekomendasi produsen. Kunjungi situs web mereka untuk tegangan yang direkomendasikan (vDIMM), timing (Latency) dan Frekuensi (kecepatan Bus), dll Jika pengaturan AUTO tidak bekerja, maka Anda mungkin perlu membuat beberapa penyesuaian manual di BIOS. Ini mungkin terjadi jika Anda telah membeli RAM frekuensi sangat tinggi, sering disebut sebagai “RAM Overclocking”.

Peringatan – Berhati-hatilah saat mengubah pengaturan BIOS. Pastikan Anda telah memverifikasi pengaturan Anda akan berubah. Mengatur vDIMM ke tinggi misalnya, secara permanen dapat merusak sistem anda. Anda selalu dapat membatalkan perubahan apapun pada setiap titik dengan mengatur ulang CMOS kembali ke pengaturan pabrik. Ini biasanya melibatkan menggunakan jumper untuk dua pin pendek. Sekali lagi, silakan berkonsultasi manual motherboard Anda.

v  Swap jika Anda bisa!

Jika Anda memiliki akses spesifikasi PC yang sama maka Anda bisa mencoba RAM dalam mesin itu. Pastikan persyaratan RAM adalah sama jika tidak maka tidak akan bekerja. Jika RAM gagal di komputer lain, maka RAM Anda hampir pasti akan rusak, jika tidak bisa motherboard / CPU. Demikian juga, jika Anda memiliki akses ke RAM yang sama dari spesifikasi yang sama, Anda bisa menukar RAM untuk modul yang telah diketahui.

v  Satu per satu waktu silahkan

Jika Anda telah kehabisan semua pemeriksaan dasar dan Memtest86 + menunjukkan kesalahan, maka Anda harus melakukan pekerjaan detektif sedikit lebih.
Coba jalankan sistem anda dengan satu tongkat RAM pada satu waktu dan mencoba setiap tongkat di slot yang berbeda, akan melalui setiap kombinasi yang mungkin sampai Anda dapat pin-pin penyebabnya .

Jangan khawatir jika sistem anda menggunakan channel memory controller ganda atau tiga. Instalasi tongkat tunggal hanya menonaktifkan fungsi ini. Kemungkinan besar sistem akan berjalan sedikit lebih lambat tapi masih harus berfungsi.

Tuliskan rencana uji pada bagaimana Anda akan menguji setiap kombinasi. Tidak hanya akan membantu Anda melacak tes Anda tetapi juga menyoroti faktor umum dalam ujian. Gunakan Memtest86 + (lihat di atas) untuk menguji setiap kombinasi.
Jika modul RAM tunggal gagal dalam semua slot, maka itu hampir pasti modul RAM yang rusak. Dalam contoh di bawah, STICK 1 gagal di kedua slot.

STICK 1 SLOT1 = Gagal

STICK 1 SLOT2 = Gagal

STICK 2 SLOT1 = Lulus

STICK 2 SLOT2 = Lulus

Jika tongkat RAM bekerja dalam satu slot tetapi tidak lain, maka RAM tidak apa-apa tetapi lebih cenderung menjadi pengontrol memori rusak. Ini bisa menjadi CPU atau Motherboard tergantung pada platform. Dalam contoh di bawah, kedua tongkat bekerja dalam SLOT1 namun keduanya gagal dalam SLOT2.

STICK 1 SLOT1 = Lulus

STICK 1 SLOT2 = Gagal

STICK 2 SLOT1 = Lulus

STICK 2 SLOT2 = Gagal

Dari pemotongan ini, Anda dapat mengisolasi masalah.

v  Memperbarui BIOS

Periksa motherboard manufaktur untuk setiap masalah yang diketahui dengan RAM yang telah diinstal. Kadang-kadang update BIOS dapat memecahkan banyak masalah sehingga mungkin layak melakukan hal ini pula. Periksa dengan manual motherboard untuk BIOS “Flashing”.

v  Ganda / Double Channel Memory Channel

Ganda / Double Channel Memory Channel memori ganda teoritis ganda dan Triple dan tiga kali lipat bandwidth memori masing-masing sehingga menginstal modul ke dalam bank memori yang salah seharusnya tidak menyebabkan terlalu banyak masalah tetapi Anda mungkin memiliki hit pada kinerja. Sistem biasanya menunjukkan jika mode kanal memori ganda atau triple diaktifkan selama urutan POST selama proses boot.

Jika Anda memiliki memori motherboard dual-channel mampu, kemudian memeriksa Anda telah menginstal sama [lihat catatan di bawah] modul RAM dalam kelipatan dua ke memori bank yang sama biasanya ditandai dengan skema warna yang sama. yaitu biru atau putih. Ini biasanya slot 1 dan 3 atau slot 2 dan 4.

Jika Anda memiliki memori motherboard triple-channel mampu, kemudian memeriksa Anda telah menginstal sama [lihat catatan di bawah] modul RAM dalam kelipatan tiga ke memori bank yang sama. Sekali lagi, seperti memori dual-channel, ini ditandai dengan skema warna yang sama. yaitu biru atau putih. Ini biasanya slot 1, 3 dan 6 atau slot 2, 4 dan 6 jika ada enam slot. Catatan – modul RAM harus identik dalam spesifikasi. yaitu setiap modul harus memiliki kapasitas yang sama, frekuensi dan latency ketika sedang diinstal ke saluran motherboard ganda / tiga mampu.

Jika Anda menggunakan RAM campuran maka Anda cenderung memiliki masalah stabilitas. Jika kapasitas yang berbeda maka Anda harus mengganti karena hal ini tidak dapat diubah. Jika frekuensi dan latency (timing) yang berbeda, maka Anda mungkin harus secara manual mengubah pengaturan memori di BIOS sehingga semua modul beroperasi pada RAM frekuensi paling lambat dan / atau timing loosest mereka bekerja. Hal ini dapat menjadi hit dan miss. Namun, Anda harus menggunakan channel memory kit ganda / triple yang menjamin semua modul spesifikasi yang sama.

v  Umum kesalahan RAM dikenal

Perlindungan kesalahan umum, kesalahan halaman dan kesalahan pengecualian – Jika Anda mendapatkan kesalahan ini atau pesan kesalahan lainnya yang berakibat fatal setelah upgrade RAM itu mungkin RAM terkait.

Kesalahan dalam RAM Ukuran – Ukuran RAM baru disalahpahami dalam Power-On-Self-Test (POST) RAM cek. Ini bisa ke sejumlah alasan tapi kemungkinan penyebabnya adalah RAM yang tidak kompatibel. Ini juga bisa menjadi hasil melebihi kapasitas Ram bahwa motherboard dapat mendukung.

Komputer menampilkan layar kosong saat boot-up – Biasanya hasil RAM buruk duduk atau selama memasang kartu ekspansi lain ditumbangkan. Bleeps komputer selama start-up setelah menginstal baru RAM-The Power On Self Test (POST) telah mendeteksi kesalahan. Jika Anda hanya mengubah RAM Anda maka BIOS melaporkan kesalahan dengan RAM. Cross check serangkaian bleeps dengan manual motherboard untuk kemungkinan penyebab.

Komputer membeku, atau Blue Screen of Death (BSOD) – Meskipun tidak selalu terkait RAM ini sering hasil dari gagal atau gagal RAM. Periksa prosedur diagnostik di atas. IRQL_NOT_LESS_THAN_EQUAL biasanya terkait dengan masalah memori yang saya temukan. POST tidak mengatakan bahwa Ganda / Double channel memory diaktifkan? – Lihat di atas

v  Apa yang harus dilakukan jika RAM rusak

Jika RAM Anda di bawah garansi manufaktur maka Anda dapat mengatur penggantian dengan mereka dengan menaikkan RMA (Return Merchandise Authorization). Ini adalah proses di mana oleh dihasilkan dikembalikan akan baik diperbaiki atau diganti. Hubungi peritel Anda jika pembelian itu cukup baru-baru ini dinyatakan mengunjungi situs manufaktur untuk rincian.

Jika Anda memiliki saluran kit ganda atau tiga, Anda akan diminta untuk mengembalikan semua modul. Proses RMA dapat mengambil beberapa kali produk biasanya diuji sebelum pengganti dikirim. Jika RAM Anda keluar dari garansi dari Anda beruntung. Anda akan perlu membeli RAM pengganti. Pastikan Anda membeli RAM yang kompatibel.

Sumber : http://www.huddysworld.co.uk/index.php/techie-talk/techie-talk-hardware/309-troubleshooting-memory-problems

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s