Tugas Bahasa Indonesia 1,2 dan 2a

Nama          : Nurlaela Saputri

No reg        : 5235127251

Prodi           : Pend TIK NR 2012

Matkul        : Bahasa Indonesia

Blog            : https://nurlaelasaputri44.wordpress.com

Tugas 1 – Bahasa Indonesia

Membaca, Mengomentari, Membandingkan dan Menuliskan Kerangka Karangan Pada Skripsi

Judul :  “Perancangan Aplikasi Pengontrolan Jaringan LAN (Local Area Network) Pada SMP NEGERI 1 Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur ”.

 

Kerangka karangan :

DAFTAR ISI

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING

HALAMAN PENGESAHAN

ABSTRAK

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR TABEL

BAB I PENDAHULUAN

  1.  Latar Belakang
  2. Pokok Permasalahan
  3. Batasan Masalah
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI

  1. Kerangka Pikir
  2. Pengertian Aplikasi
  3. Jaringan komputer

a.       Manfaat Jaringan Komputer

b.      Jenis Jaringan Komputer

4.Topologi Jaringan

5.     Protokol Jaringan

F.     6. Protokol TCP/IP

a.       Pengelompokan IP Address

b.      IP Public dan IP Private

G.   7. Protokol ICMP

a.       Definisi dan Karekteristik

b.      ICMP Message

H.    8.  Protokol SNMP

I.       9. Aplikasi Server dan Aplikasi Client

a.       Pengertian Client Server

b.      Aplikasi Server

c.       Aplikasi Client

J.       10. Pemodelan UML (Unified Modelling Language)

K.    11.  Teknik Pengujian White Box

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

  1. Waktu dan Tempat Penelitian
  2.  Jenis Penelitian
  3. Metode Pengumpulan Data
  4. Alat dan Bahan Penelitian

a.       Alat Penelitian

b.      Bahan Penelitian

E.     5. Metode Pengujian

F.      6. Urutan Kegiatan

G.   7.  Jadwal Penelitian

BAB IV PERANCANGAN SISTEM

  1. Analisa Sistem

a.       Use Case Diagram Aplikasi

b.      Sequence Diagram

c.       Activity Diagram

d.      Class Diagram

B.     2. Rancangan Aplikasi Pengontrolan Jaringan LAN

a.       Rancangan Output

b.       Rancangan Input

C.     3. Perancangan Basis Data

BAB V PENGUJIAN SISTEM

  1. Pengujian Basis Path
  2. Hasil Pengujian Aplikasi
  3. Rekapitulasi Hasil Pengujian Sistem

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan
  2. Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Komentar singkat dengan isi skripsi :

            Skripsi ini memiliki kerangka yang sudah sesuai dan lengkap. Isi dari skripsi ini sangat bermanfaat sekali, mengembangkan solusi yang lebih mudah dan sederhana dalam melakukan pengawasan yang dilakukan seorang administrator dalam sebuah jaringan LAN untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap komputer lain yang terdapat di jaringannya.

 

Ulasan Singkat Mengenai Skripsi :

Sumber : http://www.4skripsi.com/skripsi-komputer/perancangan-aplikasi-pengontrolan-jaringan-lan-local-area-network-pada-smp-negeri-1-tomoni-timur.html

 

            Penggunaan LAN (Local Area Network) sangat diperlukan dalam sebuah ruang lingkup kerja. Kebutuhan akan pertukaran data yang cepat adalah salah satu faktor yang menyebabkan pentingnya peran jaringan komputer. Tidak jarang dalam sebuah jaringan komputer, suatu sumber daya dipakai secara bersama-sama untuk menghemat biaya dan sumber daya yang terbatas.

            Kondisi seperti inilah yang kami temukan pada SMP Negeri 1 Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur. Dimana hampir seluruh komputer yang ada disekolah tersebut saling terhubung menggunakan jaringan local yaitu dengan menggunakan media kabel. Terlebih lagi komputer-komputer tersebut juga terhubung dengan jaringan internet sehingga sangat di butuhkan seorang administrator jaringan untuk mengatur dan mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan oleh user di komputernya masing-masing agar tidak terjadi penyalahgunaan komputer dan sumber daya lainnya.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan solusi yang lebih mudah dan sederhana dalam melakukan pengawasan yang dilakukan seorang administrator dalam sebuah jaringan LAN untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan terhadap komputer lain yang terdapat di jaringannya.

            Penelitian ini dilakukan karena selama ini Administrator jaringan pada SMP Negeri 1 Tomoni Timur kabupaten Luwu Timur masih menggunakan cara manual untuk melakukan proses pengontrolan dan pengawasan di dalam jaringannya sehingga di butuhkan waktu yang lama untuk melakukan semua proses tersebut. Sangat diharapkan penelitian ini nantinya menghasilkan sebuah aplikasi yang mampu membantu dan meningkatkan kinerja administrator jaringan dalam melakukan pengawasan dan pengontrolan, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

 

5 Sumber Pembanding :

1.      Dari skripsi :

Definisi Aplikasi

               Aplikasi adalah program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atauaplikasi yang lain. Contoh – contoh aplikasi ialah program memproses kata danWeb Browser.

 

Dari sumber lain :

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi

Definisi Aplikasi

               Perangkat lunak aplikasi (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunakkomputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

2.      Dari skripsi :

Definisi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang salingmenggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapatberbagi data, informasi, program aplikasi, dan perangkat keras seperti printer,9scanner, CD-Drive ataupun Hardisk, serta memungkinkan kita untuk dapat saling berkomunikasi secara elektronik.

 

Dari sumber lain :

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Definisi Jaringan Komputer

               Jaringan komputer (jaringan) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi(peramban web).

3.      Dari skripsi :

Definisi Topologi jaringan

               Pengertian Topologi jaringan komputer adalah pola hubungan antar terminal dalam suatu sistem jaringan komputer. Topologi ini akan mempengaruhi tingkat efektifitas jaringan.

 

Dalam sumber lain :

Sumber : http://jaringannetwork.blogspot.com/2013/09/topologi-jaringan-komputer.html

Definisi Topologi Jaringan

               Topologi adalah bentuk skema, pola, struktur, susunan atau desain setiap jaringan komputer yang diatur sedemikian rupa agar dapat terhubung dan terkoneksi untuk digunakan sesuai dengan fungsinya. Pola/struktur yang dimaksud meliputi beberapa elemen seperti pemasangan kabel, peletakan komponen-komponen ( PC, hub, switch, repeater, bridge), yang disusun secara sistematis sesuai dengan jenis topologi jaringan yang dipilih.

4.    Dari skripsi

Definisi Protokol Jaringan

              Protokol didefenisikan sebagai prosedur dan pengaturan sejumlah operasi peralatan komunikasi data. Dalam komunikasi data, aturan – aturan meliputi cara membuka hubungan, mengirimkan paket data, mengonfirmasikan jumlah datayang diterima, dan meneruskan pengiriman data.

 

Dalam sumber lain :

Sumber : http://dinda-rompas.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-jenis-jenis-protokol.html

Definisi Protokol Jaringan

               Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

5.      Dari skripsi :

Definisi Protokol SNMP

               Simple Network Management Protocol (SNMP) adalah spesifikasi manajemen jaringan yang dikembangkan oleh Internet Enginering Task Force (IETF), sebuah bagian dari Internet Activities Board (IAB), pada pertengahan tahun 1980-an sebagai standar manajemen untuk produk – produk jaringanberbasis LAN, seperti bridege, router , dan wiring concentrator.

Dalam sumber lain :

Sumber :http://oktathea.wordpress.com/2011/11/15/pengertian-snmp-simple-network-management-protocol/

Definisi Protokol SNMP

               SNMP adalah sebuah protokol yang dirancang untuk memberikan kemampuan kepada pengguna untuk memantau dan mengatur jaringan komputernya secara sistematis dari jarak jauh atau dalam satu pusat kontrol saja. Pengolahan ini dijalankan dengan menggumpulkan data dan melakukan penetapan terhadap variabel-variabel dalam elemen jaringan yang dikelola.

Tugas 2 – Bahasa Indonesia

MenelititentangPenggunaan EYD padaSkripsi yang Berjudul “Perancangan Aplikasi Pengontrolan Jaringan LAN (Local Area Network) Pada SMP NEGERI 1 Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur” danMembuatIstilah yang BerasaldariBahasaAsing

 

  • Huruf besardan miring

 

1.      Beberapa aplikasi yang digabungkan bersama menjadi suatu paket kadang disebut suatu paket atau suite aplikasi (applicationsuite).

Ket : Seharusnya kata application suite tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

2.      IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless).

Ket : Seharusnya kata connectionless tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

3.      Dibandingkan dengan jika setiap individu harus meminta IP address ke otoritas,yaitu Internet Assigned Number Authorit (IANA).

Ket : seharusnya kata Assigned Number Authorit tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

4.      Dibandingkan dengan jika setiap individu harus meminta IP address ke otoritas

Ket : seharusnya kata address tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

5.      IP address kelas D digunakan untuk keperluan IP multicast

Ket : seharusnya kata multicast tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

6.      ICMP merupakan bagian internal dari IP dan diimplementasikan disetiap module IP

Ket :seharusnya kata module tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

7.      Desain aplikasi, Yang mencakup perancangan program berdasarkan hasilanalisis yang telah dilakukan sebelumnya.

Ket : Pada kata yang “Y” seharusnya tidak menggunakan huruf besar, karena pada akhir kata aplikasi menggunakan tanda koma (,) bukan tanda titik (.) untuk mengakhiri kalimat.

8.      Field Name, untuk mengidentifikasi nama field.

Ket : seharusnya kata Field Name tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

9.      Data Type, yang menyatakan tipe data yang dapat disimpan dalam field tersebut.

Ket : seharusnya kata Data Type tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

10.  Oleh karena itu, Pada akhirnya peningkatan sumber daya jaringan dan processor tetap dibutuhkan.

Ket : Pada kata pada seharusnyatidakmenggunakanhurufbesarkarena di akhirkata karena itu tidakmenggunakantandatitik (.) ataumengakhirikalimattetapimenggunakantandakoma (,).

 

  • IstilahAsingDibidangTeknikInformatikadanKomputer

 

1.      IstilahAsing yang Diserap      : Komputer

IstilahAsingnya                      : Computer

Kaidah yang Digunakan         : Dalampenulisanbahasanyacomputerditulisbiasa, Dalambahasaasing (BahasaInggris) “computer” ditulis miring.

ArtidanMaknaIstilah            : Alatelektronikotomatisyangdapatmenghitungataumengolah data secaracermatmenurutyangdiinstruksikan, danmemberikanhasilpengolahan, sertadapatmenjalankansistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanyaterdiriatas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

2.      IstilahAsing yang Diserap      : Perangkat Lunak

IstilahAsingnya                      : Software

Kaidah yang Digunakan         : Dalampenulisanbahasanya berkas ditulisbiasa, Dalambahasaasing (BahasaInggris) “software” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah: Software atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Software bisa juga dikatakan sebagai “penerjemah” perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras (Hardware).

Software adalah program komputer yang isi intruksinya dapat diubah dengan mudah. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Software yang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

3.      IstilahAsing yang Diserap      : Perangkatkeras

IstilahAsingnya                      : Hardware

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “hardware” ditulis miring.

ArtidanMaknaIstilah            : PerangkatKerasadalahkomponenpadakomputer yang dapatterlihatdandisentuhsecarafisik. Jadi, rupasecarafisikdari computerdapatkitasebutsebagaiHardwareatauPerangkatKeras.ContohdariHardwareadalahsebagaiberikut: Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakanuntukmemasukkan (Input) instruksidaripenggunakomputer (User). Contohnyaadalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.PerangkatPemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapatpadasebuahcomputeruntukmemprosesmasukkan/input daripengguna. ContohnyaadalahProsesorpadasebuahkomputer.Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakanuntukmenghasilkansuatu proses (output) daripenggunakomputer (User). Contohnyaadalah Monitor, Speaker, dan Printer.

4.      IstilahAsing yang Diserap      :  Alat mencetak

IstilahAsingnya                      : Printer

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “Printer” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah            : Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung kekomputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar  dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal           padaresolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlahtitik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin   baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil      cetakanakan buruk / tidak bagus.

 

5.      IstilahAsing yang Diserap      : Data transfer

IstilahAsingnya                      : Bandwidth

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “bandwidth” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah            : Bandwidht adalah nilai hitung atau perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.

 TUGAS 2A

Bacalah dengan seksama skripsi yang Anda teliti tentang penggunaan tanda titik (.) EYDnya. Buatlah perbaikan sedikitnya 10 hal baru yang Anda temui.

Ubahlah catatan kaki dan daftar pustaka sesuai dengan kaedah EYD.

 

Ø  Tanda titik

1.      Yang merupakan bawaan dari bahasa pemrograman aplikasi visual basic 6.0

Ket : Di akhir kalimat tidak menggunakan tanda titik (.).

2.      dan meneruskan pengiriman data.(Ahmad Yani, 2008:6),

ket : Di akhir kalimat harusnya tanda titik (.).

3.      ICMP merupakan bagian internal dari IP dan diimplementasikan disetiap module IP

Ket : Di akhir kalimat tidak menggunakan tanda titik (.).

4.      sebagai standar manajemen untuk produk – produk jaringan berbasis LAN, seperti bridege, router , dan wiring concentrator,

Ket : Di akhir kalimat salah menempatkan tanda. Harusnya pada kalimat akhir di beri tanda titik (.) bukan tanda koma (,).

5.      Server menggunakan kekuatan proses yang diinginkan untuk menemukan data yang diminta dan kemudian semua record dikembalikan pada client..

Ket : di akhir kalimat menggunakan tanda titik (.) lebih dari satu atau ganda.

6.      komponenkomponen yang lebih kecil. komponen dapat juga berupa interface

Ket : harusnya pada kata komponen huruf  Knya besar karena sesudah kata kecil tanda titik (.).

7.      maka penulis mengumpulkan data melalui dua cara yaitu

Ket : seharusnya di akhir kalimat di berikan tanda titik dua (:) karena itu kalimat memberi tahukan.

8.      Menggunakan semua keputusan logis pada sisi true and false

Ket : harusnya di akhir kalimat di berikan tanda titik (.).

9.      maka disimpulkan program sudah bebas dari kesalahan logika

Ket : harusnya di akhir kalimat di berikan tanda titik (.).

10.  Struktur basis data yang dimaksudkan terdiri dari penjelasan terperinci mengenai setiap field dalam satu data record. Perinciannya meliputi :

Ket : harusnya setelah kata record harusnya di berikan tanda koma (,) bukan titik (.).

 

Mengubah Penulisan Catatan Kaki dan Daftar Pustaka yang Tidak Sesuai dengan EYD pada Skripsi Menjadi Catatan Kaki dan Daftar Pustaka yang Sesuai dengan EYD

 

Ø  Skripsi ini tidak mencantumkan catatan kaki.

 

Ø                                             DAFTAR PUSTAKA

1.      Agus Zuliardi, 2006. Jaringan Client Server. Yogyakarta : Penerbit PT ANDI

Perbaikan : Agus Zuliardi, 2006. Jaringan Client Server. Yogyakarta : Penerbit PTANDI

2.      Azis Catur L, 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan.

                        Yogyakarta: Penerbit ANDI

Perbaikan : Azis Catur L, 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan.

                        Yogyakarta: Penerbit ANDI

3.      Ahmad Yani, 2008. Panduan Membangun Jaringan Komputer. Bandung :

                        Penerbit PT Kawan Pustaka.

            Perbaikan : Ahmad Yani, 2008. Panduan Membangun Jaringan Komputer. Bandung :

                        Penerbit PT Kawan Pustaka.

4.      Budi  Sutedjo, Dharma Oetomo dkk. 2003. Konsep dan Aplikasi Pemrograman

                        Client Server dan Sistem Terdistribusi. Yogyakarta: Penerbit PT ANDI

Perbaikan :  Budi  Sutedjo, Dharma Oetomo dkk. 2003. Konsep dan Aplikasi PemrogramanClient Server dan Sistem Terdistribusi. Yogyakarta: Penerbit PT ANDI

5.      Drew Heywood, 1996. Konsep dan Penerapan Microsoft TCP/IP. Yogyakarta :

                        Penerbit ANDI.

Perbaikan : Drew Heywood, 1996. Konsep dan Penerapan Microsoft TCP/IP. Yogyakarta :Penerbit ANDI.

6.       David Kurniawan, 2008. Pengantar Jaringan Komputer Bagian I. Lampung.

Perbaikan : David Kurniawan, 2008. Pengantar Jaringan Komputer Bagian I. Lampung.

 

 

1024×768

Tugas 2 – Bahasa Indonesia

MenelititentangPenggunaan EYD padaSkripsi yang Berjudul “Perancangan Aplikasi Pengontrolan Jaringan LAN (Local Area Network) Pada SMP NEGERI 1 Tomoni Timur Kabupaten Luwu Timur” danMembuatIstilah yang BerasaldariBahasaAsing

 

v  Huruf besardan miring

1.      Beberapa aplikasi yang digabungkan bersama menjadi suatu paket kadang disebut suatu paket atau suite aplikasi (applicationsuite).

Ket : Seharusnya kata application suite tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

2.      IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless).

Ket : Seharusnya kata connectionless tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

3.      Dibandingkan dengan jika setiap individu harus meminta IP address ke otoritas,yaitu Internet Assigned Number Authorit (IANA).

Ket : seharusnya kata Assigned Number Authorit tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

4.      Dibandingkan dengan jika setiap individu harus meminta IP address ke otoritas

Ket : seharusnya kata address tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

5.      IP address kelas D digunakan untuk keperluan IP multicast

Ket : seharusnya kata multicast tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

6.      ICMP merupakan bagian internal dari IP dan diimplementasikan disetiap module IP

Ket :seharusnya kata module tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

7.      Desain aplikasi, Yang mencakup perancangan program berdasarkan hasilanalisis yang telah dilakukan sebelumnya.

Ket : Pada kata yang “Y” seharusnya tidak menggunakan huruf besar, karena pada akhir kata aplikasi menggunakan tanda koma (,) bukan tanda titik (.) untuk mengakhiri kalimat.

8.      Field Name, untuk mengidentifikasi nama field.

Ket : seharusnya kata Field Name tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

9.      Data Type, yang menyatakan tipe data yang dapat disimpan dalam field tersebut.

Ket : seharusnya kata Data Type tercetak miring karena merupakan bahasa asing.

10.  Oleh karena itu, Pada akhirnya peningkatan sumber daya jaringan dan processor tetap dibutuhkan.

Ket : Pada kata pada seharusnyatidakmenggunakanhurufbesarkarena di akhirkata karena itu tidakmenggunakantandatitik (.) ataumengakhirikalimattetapimenggunakantandakoma (,).

 

IstilahAsingDibidangTeknikInformatikadanKomputer

1.      IstilahAsing yang Diserap      : Komputer

IstilahAsingnya                      : Computer

Kaidah yang Digunakan         : Dalampenulisanbahasanyacomputerditulisbiasa, Dalambahasaasing (BahasaInggris) “computer” ditulis miring.

ArtidanMaknaIstilah            : Alatelektronikotomatisyangdapatmenghitungataumengolah data secaracermatmenurutyangdiinstruksikan, danmemberikanhasilpengolahan, sertadapatmenjalankansistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), biasanyaterdiriatas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

 

2.      IstilahAsing yang Diserap      : Perangkat Lunak

IstilahAsingnya                      : Software

Kaidah yang Digunakan         : Dalampenulisanbahasanya berkas ditulisbiasa, Dalambahasaasing (BahasaInggris) “software” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah: Software atau perangkat lunak, adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi (penghubung) antara pengguna (user) dan perangkat keras (hardware). Software bisa juga dikatakan sebagai “penerjemah” perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras (Hardware).

Software adalah program komputer yang isi intruksinya dapat diubah dengan mudah. Software pada umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan Software yang lain dan lebih mendasar (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

 

3.      IstilahAsing yang Diserap      : Perangkatkeras

IstilahAsingnya                      : Hardware

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “hardware” ditulis miring.

ArtidanMaknaIstilah            : PerangkatKerasadalahkomponenpadakomputer yang dapatterlihatdandisentuhsecarafisik. Jadi, rupasecarafisikdari computerdapatkitasebutsebagaiHardwareatauPerangkatKeras.ContohdariHardwareadalahsebagaiberikut: Perangkat Input/Masukan: Merupakan Hardware yang digunakanuntukmemasukkan (Input) instruksidaripenggunakomputer (User). Contohnyaadalah Keyboard, Mouse, dan Joystick.PerangkatPemrosesan: Merupakan Hardware yang terdapatpadasebuahcomputeruntukmemprosesmasukkan/input daripengguna. ContohnyaadalahProsesorpadasebuahkomputer.Perangkat Output/Keluaran: Merupakan Hardware yang digunakanuntukmenghasilkansuatu proses (output) daripenggunakomputer (User). Contohnyaadalah Monitor, Speaker, dan Printer.

 

4.      IstilahAsing yang Diserap      :  Alat mencetak

IstilahAsingnya                      : Printer

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “Printer” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah            : Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras)           yang terhubung kekomputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar            dan tampilanlainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal           padaresolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah        titikdalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin   baguscetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil      cetakanakan buruk / tidak bagus.

 

5.      IstilahAsing yang Diserap      : Data transfer

IstilahAsingnya                      : Bandwidth

Kaidah yang Digunakan         : Dalambahasaasing (BahasaInggris) “bandwidth” ditulis miring.

            ArtidanMaknaIstilah            : Bandwidht adalah nilai hitung atau perhitungan      konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik atau           yang biasa disingkat bps yang terjadi antara komputer server dan komputer client             dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer.

            Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan dan akan            mempengaruhi kecepatan transfer data pada jaringan komputer tersebut sehingga        semakin besar Bandwidth pada jaringan komputer maka semakin cepat pula      kecepatan transfer data yang dapat dilakukan oleh client maupun server.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s